7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

fiforlif
Manfaat minyak zitun untuk kesehatan memang sangatlah bervariasi, Anda bisa menyimak penjelasan yang kami berikan untuk mengetahui manfaatnya. Minyak zaitun dikenal juga sebagai olive oil yaitu minyak yang berasal daru buah zaitun atau olea europea.

Minyak zaitun merupakan minyak yang sehat dan sudah sangat dikenal manfaatnya karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Minyak zaitun sering digunakan untuk bahan kosmetik atau bahkan dikonsumsi secara langsung karena dipercayai dapat digunakan sebagai obat pelangsing alami. Berikut ini beberapa khasiat minyak zaitun yang bisa Anda coba:

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun



1. Menjaga kesehatan jantung

Minyak zaitun merupakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh seperti yang telah di jelaskan diatas. Sehingga minyak zaitun dapat mengontrol kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Kolesterol jahat tersebutlah yang dapat menganggu kerja jantung sehingga dapat menjadi penyakit jantung. Dengan kandungan kolesterol baik yang terdapat dalam minyak zaiatun, dapat mengimbangi kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mencegah Kanker

Minyak zaitun merupakan minyak yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai obat penyembuh kanker atau mencegah terjadinya kanker.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang berlebih didalam tubuh. Kadar gula yang normal yaitu 70 sampi 120, bagi anda yang memiliki kadar gula lebih dari angka tersebut segeralah lakukan pengobatan salah satunya dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat menurunkan kadar gula darah sehingga dapat menjadi obat yang tepat untuk diabetes.

4. Menyehatkan Usus

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk menyehatkan usus. Bagi Anda yang memiliki gaya hidup tidak sehat sehingga sering mengalami masalah pada usus, sebaiknya lakukan pengobatan dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zitun memiliki kandungan oleuropein agycone yang memiliki manfaat untuk menjaga suplay darah ke bagian usus. Senyawa diatas dapat mengurangi resiko keurusakan pada usus yang terjadi akibat gejala iskemia.

5. Mengatasi Arthritis

Untuk mengatasi arhtritis, Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Kandungan prostaglandin yang terkandung didalam minyak zaitun dapat membantu mengatasi rasa nyeri sendi dan juga pengeroposan pada tulang.

6. Mencegah Radikah Bebas yang Masuk Kedalam Tubuh

Radikah bebas sangatlah berbahaya untuk tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit dan membuat kulit menjadi tidak sehat. untuk mencegah radikal bebas, Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Kandungan antioksidan polifenol yang terkandung didalam minyak zaitun dapat membantu tubuh dalam mendetoksifikasi molekul tidak seimbang yang mampu untuk menangkal radikal bebas.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang dikutip dari vemale.com, minyak zaitun dapat mengontrol berat badan dan memberi energi lebih bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak tak jenuh yang terdapat didalam minyak zaitun. Anda dapat menambahkan minyak zaitun dalam setiap menu makanan sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Selain dapat memberi energi lebih, minyak zaitun juga dapat menangkal rasa lapar yang berarti hal tersebut membantu program diet. Selamat mencoba!