11 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

fiforlif
Salah satu manfaat madu ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi bagi Anda yang selama ini masih berkutat dengan lemak, bisa mencoba madu sebagai solusi alami dan aman untuk mendapatkan tubuh langsing ideal.

Tidak hanya menurunkan berat badan, madu ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Madu

Manfaat Madu

1. Dapat Mengatasi Jerawat

Gunakan madu mentah atau raw honey karena senyawa dan kandungan lainnya masih belum tercapur. Madu yang masih alami memiliki enzim yang masih murni dan baik untuk mengobati jerawat.

Caranya: Ambil 1/2 sendok teh madu di ujung jari. Gosok dan hangatkan di antara dua jari kemudian usapkan dengan halus ke seluruh muka. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk. Anda dapat menggunakannya setiap pagi dan sore secara rutin.

Mencuci wajah dengan madu diatas selain dapat mengatasi jerawat juga dapat membersihkan kotoran di wajah, menyeimbangkan minyak di wajah, melembutkan kulit kering dan encegah munculnya jerawat baru.

2. Menyembuhkan Luka

Kandungan yang terdapat dalam madu mampu menghancurkan strain bakteri dalam luka. Sehingga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi luka. Madu juga mengandung zat antibakteri yang akan membantu menyembuhkan infeksi. Sehingga madu sangat baik untuk menyehatkan kulit.

3. Mengatasi Kulit Terbakar

Untuk mengatasi kulit terbakar, Anda dapat menggunakan madu sebagai pengoabtan alami. Madu memiliki antioksidan yang sangat baik dalam mengatasi masalah kulit terbakar sinar matahari.

4. Melembabkan Kulit

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit. Anda bisa mendapatkan kulit lebih lembab, cantik dan terjaga dengan melakukan perawatan menggunakan madu.

5. Sebagai Pengganti Gula

Madu memiliki kandungan kalori lebih sedikit dari gula. Sehingga dengan rasa manis yang khas dapat kita gunakan sebagai pengganti gula. Meskipun sama-sama memiliki rasa yang manis, madu berbeda dengan gula putih. Madu mengandung sekitar 30% gula dan 40% fruktosa - dua monosakarida atau gula sederhana - dengan 20% gula kompleks lainnya.

6. Membantu Mengatasi Anemia

Madu dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah sehingga sangat baik bagi penderita anemia. Minum madu dengan air hangat secara rutin setiap pagi sebelum mengkonsumsi makanan apapun.

7. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Madu dapat membantu mengurangi sembelit, kembung dan gas, madu juga berfungsi menjadi pencahar ringan. Hal ini disebabkan karena madu kaya akan probiotik seperti bakteri bifido dan laktobasilus, yang membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

8. Membantu Memerangi Infeksi Kulit dan Kulit Kepala

Dalam sebuah penelitian berskala kecil dengan 30 pasien yang melihat efek dari madu pada mengobati dermatitis seboroik dan ketombe, pasien diminta memakai madu mentah setiap hari mengoleskan dengan lembut dan menggosok area masalah mereka selama 2-3 menit. Semua pasien menunjukkan perbaikan yang signifikan dengan pengobatan ini.

9. Mencegah Masalah Penyakit Jantung dan Hati

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu dapat membantu mencegah masalah jantung dan hati.

10. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ternyata madu bisa kita masukkan kedalam program diet untuk membantu menurunkan berat badan. Seperti yang telah dijelaskan diatas, madu mengandung kalori lebih sedikit dari gula. Selain itu, madu juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk membantu melarutkan lemak dalam tubuh. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba:
  • Tambahkan madu kedalam roti gandum sebagai menu makan malam. Kombinasi madu dan roti gandum dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan.
  • Selain sebagai tambahan menu makan malam, Anda juga bisa memasukkan madu kedalam setiap masakan.
  • Sebelum berolahraga, minumlah susu cream dicampur dengan madu. Kombinasi minuman ini sangat baik karena minim kalori sehingga membantu mempercepat proses pembakaran lemak saat berolahraga.
  • Gunakan madu sebagai minuman segar pagi hari saat perut masih kosong. Masukkan satu sdm madu dan dua sdm sari lemon kedalam segelas air hangat.
Sudah siapkah Anda mengganti gula dengan madu? Dengan melihat banyaknya khasiat madu yang bisa Anda dapatkan, tidak ada salahnya mencoba mulai sekarang.