6 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

fiforlif
Sudahkah Anda menggunakan manfaat daun sirsak untuk kesehatan? Sirsak merupakan buah dengan bentuk cukup besar, berduri dan rasanya manis keasaman. Buah sirsak sudah sangat dikenal dapat digunakan sebagai obat alami.

Namun tidak hanya buahnya saja, daun sirsak juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan, bahkan kini daun sirsak dikenal sebagai obat pencegah kanker. Hal tersebut karena senyawa yang terkandung didalam kulit sirsak seperti acetogenins, annocatalin, annocatacin, annonacin, annohexocin, annomuricin, anonol, gentistic acid dan lain sebagainya. 

Manfaat Daun Sirsak

manfaat daun sirsak


Berikut ini beberapa khasiat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda manfaatkan:

1. Untuk Mengatasi Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit persendian yang biasanya dan rasanya sangat menyiksa, sering kambuh dimalam hari ketika kita ingin bersitirahat sehingga sangat menganggu. Asam urat biasanya terjadi pada seseorang yang telah berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan anak muda mengalaminya mengingat gaya hidup anak zaman sekarang yang sangat menghawatirkan.

Jika anda mengalami asam urat segeralah lakukan pengobatan dengan daun sirsak. Caranya ambil sepuluh daun sirsak yang masih segar, kemudian rebus dengan satu gelas air. Setelah mendidih, minum ramuan ini dua kali sehari.

2. Untuk Membantu Mengobati Diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang mematikan, kadar gula normal adalah 70 sampai 120 mg apabila anda sudah meleibi batas tersebut segeralah lakukan pengobatan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun sirsak. Caranya Anda dapat merebus beberapa daun sirsak bersama air hingga mendidih. Konsumsi ramuan tersebut secara rutin hingga kadar gula darah stabil.

3. Membantu Mengatasi Kanker


Manfaat daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk membantu mengatasi penyakit kanker. Apakah anda sudah mendengar bahwa daun sirsak merupakan obat kanker yang lebih baik dari kemoterapi? Yah, anggapan tersebut sudah menyebar luas.

Untuk mengobati kanker dengan daun sirsak pertama tama ambilan 10 lembar daun sirsak tua, kemudian rebus dengan tiga gelas air dan tunggu sampai air tersisa kira kira 2 gelas. Setelah itu, Anda bisa mengkonsumsinya 2 kali sehari dalam dua minggu.

4.  Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat diatasi dengan menggunakan daun sirsak. Apabila anda memiliki hipertensi, segeralah diobati karena bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius seperti stroke dan jantung.

5. Membantu Mengobati Penyakit Asma

Asma sangatlah berbahaya terlebih lagi ketika kita berada dalam keadaan yang tidak bersih. Atasilah asma dan sesak nafas anda dengan daun sirsak.

Caranya ambilah tujuh helai daun sirsak yang di serang dengan semut rangrang, kemudian remas dan tampung airnya hingga mencapai setengah gelas. Minumlah ramuan ini sampai asma anda hilang.

6. Mengobati bisul

Untuk mengatsi bisul, ambilah beberapa helai daun sirsak yang masih muda kemudian tempelkan dibagian kulit yang terkena bisul, lakukan sampai bisul mengering.


Cara Memilih Daun Sirsak yang Bagus dan Berkhasiat Tinggi

Pemilihan daun sirsak yang tepat dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Bukan berarti hanya daun sirsak tertentu yang bagus. Sebenarnya semua daun sirsak bagus hanya saja memilih yang terbaik dan berkhasiat dari sekian banyak daun sirsak yang ada.

Berikut ini beberapa cara memilih dan memetik daun sirsak terbaik untuk pengobatan alami.
  • Daun sirsak yang bagus adalah daun sirsak yang berjejer, bukan yang menggerombol dan memiliki ranting yang panjang.
  • Petik daun sirsak pada pagi hari sebelum matahari terik.
  • Petik daun dengan urutan ke 5 dari pucuk, daun ke-6 dan seterusnya boleh dipetik. Daun berada pada posisi paling belakang sebaiknya jangan dipetik karena sudah terlalu tua, tandanya terdapat bitik-bintik di bawah daun.
  • Daun sirsak yang bagus adalah daun sirsak yang banyak terkena sinar matahari, cirinya adalah daging daun tebal, warna hijau tua, daun agak melengkung ke dalam, kaku, tidak bintik-bintik. Sedangkan daun sirsak yang kurang terkena sinar matahari tidak sebagus yang terkena matahari, tapi masih bisa digunakan.
  • Ukuran daun sirsak tidak terlalu penting, yang paling penting adalah umur dan banyaknya sinar matahari yang didapat.
  • Jika ingin menyimpan daun sirsak agar bisa bertahan lama, Anda dapat mengeringkannya dalam ruangan. Jangan dikeringkan dengan cara dijemur, karena dapat merusak kandungan yang terdapat dalam daun sirsak.

Daun Sirsak Kering

image: pandanwangihomemade.blogspot.com

Pemilihan urutan daun sirsak kelima dari pucuk bertujuan untuk memastikan daun tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Jika daun sirsak berada di posisi pucuk namun sudah cukup tua maka boleh dipetik.