Cara Melakukan Latihan Fitnes yang Benar

fiforlif
Selain bertujuan untuk menurunkan berat badan, latihan fitnes secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui bagaimana melakukan latihan fitnes yang baik dan benar sehingga tidak mendapatkan hasil maksimal.

Sudah berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk latihan fitnes? Apakah Anda sudah merasakan perubahan bentuk tubuh lebih atletis atau tubuh yang semakin ramping karena tumpukan lemak telah terbakar? Jika Anda sudah lama berlatih fitnes dan merasa nyaman namun belum memberikan hasil maksimal, maka saatnya Anda koreksi lagi latihan selama ini.

Cara Fitnes yang Benar

Cara Fitnes yang Benar

Seperti yang dikutip dari duniafitnes.com, berikut ini 10 cara yang dapat meningkatkan kualitas latihan agar latihan Anda tidak sia-sia.

1. Lakukan Variasi Latihan

Variasi latihan yang berbeda dapat membuat tubuh beradaptasi dengan gerakan-gerakan baru dan memungkinkan lebih banyak otot terlibat dalam variasi latihan. Jika Anda melakukan rutinitas latihan yang sama setiap hari, tidak akan memberikan kemajuan yang berarti.

2. Mintalah Bantuan Personal Trainer

Dengan bantuan personal trainer yang bersertifikat, maka Anda akan mendapatkan porsi latihan yang maksimal. Bisa mendapatkan gerakan yang benar serta mendapatkan variasi latihan baru sehingga dapat melatih otot tubuh secara seimbang.

3. Mencukupi Asupan Makanan dan Minuman

Makan sebelum dan sesudah latihan sangat penting. Tubuh membutuhkan energi sebagai bahan bakar selama latihan. Selain itu cukupi pula kebutuhan nutrisi untuk membangun otot dan memperbaiki jaringan yang rusak. Jangan lupa minum 8-9 gelas air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama latihan.

4. Cegah Overtraining

Overtraining atau latihan yang berlebihan dapat menimbulkan resiko cedera. Latihan terlalu sering pada bagian tubuh yang sama dapat membuat Anda overtraining. Tubuh membutuhkan waktu untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah Anda berlatih. Oleh sebab itu buatlah jadwal latihan, misalnya hari senin melatih otot dada, selasa otot kaki, rabu libur, kamis otot tangan, jumat otot perut, sabtu otot punggung dan minggu libur.

5. Lakukan Mind-Body Training

Contoh latihan Mind-Body Training yang saat ini populer adalah taichi dan yoga. Latihan ini dapat meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot dan kordinasi otot. Selain itu, mind body training juga dapat meningkatkan ketajaman mental Anda.

6. Temukan Waktu Yang Tepat Untuk Berlatih

Waktu yang tepat dapat membuat latihan terasa nyaman dan mendapatkan perasaan yang lebih baik. Jika waktu latihan tidak tepat maka akan terasa menjadi beban.

7. Cari Partner Latihan Yang Baik

Dengan adanya partner latihan yang baik, dapat membuat hasil latihan semakin maksimal. Karena partner yang baik dapat memberikan masukan dan dapat terhindar dari kesalahan yang tidak perlu saat latihan.

8. Atur Pernafasan Saat Latihan

Saat latihan, atur pernafasan dengan menghirup udara melalui hidung dan membuang secara perlahan-lahan dari mulut. Jangan menahan nafas saat mengangkat atau melepaskan beban karena justru membuat gerakan tidak maksimal.

9. Gunakan Heart Rate Monitor

Heart Rate Monitor merupakan alat untuk memantau detak jantung Anda. Dengan menggunakan alat ini, monitor denyut jantung Anda dapat melihat detak jantung Anda setiap saat dan dapat menentukan tingkat intensitas latihan Anda.

10. Iringi Musik

Musik dengan tempo yang cepat dapat membuat latihan lebih bersemangat dan dapat mengusir kebosanan saat latihan.

Apakah Anda sudah melakukan beberapa tips diatas? Jika belum, maka segera lakukan mulai dari sekarang. Jangan biarkan waktu Anda terbuang percuma hanya dengan melakukan latihan yang kurang memberikan manfaat bagi tubuh. Selamat berlatih!