5 Contoh Menu Sarapan Untuk Diet Terbaik

fiforlif
Sarapan pagi ternyata sangat penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Menu sarapan yang tepat dapat membuat Anda lebih berenergi dan kenyang lebih lama sehingga tidak makan sembarangan.

Meskipun dalam diet OCD melarang penggunanya untuk sarapan (masih menjadi kontroversi) namun dengan menunda sarapan pagi biasanya dapat menambah nafsu makan yang tidak biasa pada saat makan siang.

Menu Sarapan Untuk Diet

Menu Sarapan Untuk Diet

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa sarapan menu makanan yang mengandung tinggi protein cenderung mengonsumsi sedikit lemak dan gula pada siang dan malam hari. Selain itu juga dapat membuat kadar glukosa dan insulin lebih stabil.

Berikut ini beberapa menu sarapan untuk diet yang wajib Anda coba:

1. Telur

Telur mengandung protein yang cukup tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama sehingga meminimalkan keinginan untuk ngemil pada siang hari. Hal ini disebabkan karena protein membutuhkan waktu lama untuk untuk dicerna tubuh dan membuat Anda mengasup kalori lebih sedikit.

Daging dan ayam juga merupakan salah satu sumber protein tinggi, namun terlalu berat untuk sarapan pagi. Oleh sebab itu tetap disarankan sarapan telur sebagai sumber energi pagi hari. Anda dapat mengkonsumsi telur dengan cara direbus, dibuat telur mata sapi, telur orak-arik atau omelet.

2. Blueberry

Blueberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan, nutrisi serta rendah kalori dan gula sehingga aman untuk Anda yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Anda dapat menikmati buah ini dengan  yoghurt tawar atau oatmeal.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki properti yang bisa membantu meluruhkan lemak. Selain itu teh hijau juga mengandung antioksidan polifenol yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat 'serangan' radikal bebas. Minum teh hijau tanpa tambahan gula maupun krim untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Susu

Susu memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga rendah karbohidrat. Anda dapat minum susu
full cream ataupun low fat, tergantung selera. Namun bagi yang memiliki intoleransi laktosa atau kekurangan enzim yang bisa mengolah laktosa di dalam susu, tidak disarankan mengonsumsi susu sapi. Anda dapat memilih alternatif lain seperti susu kedelai atau susu almond.

5.  Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi yang tentu saja dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Anda dapat menikmati roti gandum bersama telur atau selai kacang. Hindari penambahan butter atau mentega karena tinggi lemak serta kalori.