5 Manfaat Lain Beras Merah Selain Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

fiforlif
Banyak yang menyarankan beras merah untuk diet sebagai pengganti nasi putih. Hal ini tidak terlepas dari berbagai macam kandungan beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam beras merah menjadi alternatif pilihan yang tepat dari sekian banyak sumber karbohidrat untuk diet.

Tidak hanya kandungan serat yang tinggi, dalam beras merah juga terdapat vitamin B dan E, mengandung mineral yang tinggi, rendah gula, mengandung berbagai zat seperti fenolat, selenium, magnesium, asam amino triptofan, dan asam lemak alfalinolenat.

Beras Merah untuk Diet

Beras Merah untuk Diet

Mengapa Beras Merah Baik Untuk Diet?

Beras merah merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang lama dicerna dalam tubuh sehingga membuat Anda kenyang hingga berjam-jam. Seperti yang dikutip dari vemale.com, kandungan serat pada beras merah 6 kali lebih tinggi daripada nasi putih biasa. Oleh sebab itu ganti nasi putih Anda dengan merah merah jika ingin mengurangi timbunan lemak tubuh.

Manfaat Beras Merah

Tidak hanya baik untuk membantu menurunkan berat badan, beras merah juga memiliki banyak manfaat sehat lainnya untuk tubuh, diantaranya adalah:
  1. Beras merah memiliki nilai GI yang lebih rendah dari nasi putih biasa, sehingga membantu mengedalikan gula darah dan produksi insulin dalam tubuh. Oleh sebab itu beras merah bisa menjadi alternatif bagi penderita diabetes.
  2. Melancarkan sistem pencernaan.
  3. Mencegah timbulnya plak akibat kolesterol jahat.
  4. Menurunkan resiko kanker usus.
  5. Mengurangi resiko wasir dan iritasi pada usus.

Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Tidak Keras

Meskipun banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, sayangnya banyak yang mengeluhkan rasanya yang tak seenak beras putih. Teksturnya lebih keras dari beras putih sehingga membutuhkan cara khusus untuk memasaknya agar lebih pulen. Berikut ini langkah-langkah memasak beras merah:
  • Pertama, cuci beras merah hingga bersih.
  • Karena teksturnya yang sangat berbeda dengan nasi putih, sebaiknya memasak beras merah dengan cara menanak manual, bukan menggunakan rice cooker.
  • Setelah bersih, masukkan beras merah dalam panci dan tambahkan air bersih dengan perbandingan 1:4. 1 gelas beras dan 4 gelas air.
  • Rendam beras setidaknya 30 menit sebelum memasaknya.
  • Hidupkan kompor dan mulai masak beras merah.
  • Aduk-aduk sebentar dan tutup panci agar air mendidih sempurna.
  • Buka penutup panci dan masak nasi dengan api sedang sambil sesekali diaduk sampai air habis atau beras sudah setengah matang.
  • Tiriskan beras dan kukus beras dalam dandang.
  • Masak hingga matang.