Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Dan Cara Meminumnya

fiforlif
Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam teh hijau terdapat polifenol yang tidak hanya baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, tapi juga dapat mempengaruhi penyerapan lemak tubuh.

Teh hijau juga membantu membakar ekstra kalori. Tiap satu cangkir teh kurang lebih 150 ml, dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250 ml meluruhkan 40 kalori. Meskipun tidak terlalu significan, jika diimbangi dengan jogging dan olahraga kardio lainnya maka hasilnya lebih maksimal.

Teh Hijau Untuk Diet

Teh Hijau Untuk Diet

Cara Minum Teh Hijau yang Benar

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, Anda juga harus memperhatikan cara minum teh hijau yang benar. Berikut ini cara minum teh hijau yang benar untuk menurunkan berat badan.

1. Minum teh hijau tanpa gula dan Perasa Tambahan.
Teh hijau yang paling bagus adalah teh hijau dengan rasa asli tanpa gula dan perasa tambahan. Teh hijau yang diolah pabrik biasanya sudah berkurang atau hilang kandungan antioksidannya. Sedangkan teh hijau yang dikemas dalam botol biasanya juga sudah diberi pemanis buatan dan zat-zat kimia lain. Bahkan mungkin kalorinya lebih tinggi daripada minuman soda atau sari buah.

2. Pilih Produk Teh Hijau yang Berkualitas
Pilihtah teh hijau dari produk yang sudah terpercaya karena lebih menjamin kualitas daun tehnya. Teh hijau yang berkualitas adalah yang minim atau tidak mengandung sekali bahan-bahan kurang penting. Tentu saja harganya mungkin lebih mahal dari pada teh hijau produk biasa.  

3. Minum Teh Hijau Saat Panas
Sebenarnya diminum dalam keaadan dingin atau panas teh hijau tetap sehat. Namun es dalam minuman bisa mencair dan bercampur dengan air teh sehingga kepekatannya berkurang. Sehingga dapat mengurangi khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya minum saat panas atau hangat.

4. Cara Menyeduh Teh Hijau
Beda jenis teh maka berbeda pula cara menyeduhnya. Untuk menyeduh teh hijau, seduh dengan air yang suhunya 80-90 derajat Celcius. Proses penyeduhan juga tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian.

5. Jangka Waktu Penyimanpanan Teh Hijau
Semakin segar daun teh, khasiat dan rasanya akan lebih baik. Oleh sebab itu segera konsumsi teh hijau yang baru di beli dan jangan menyimpan terlalu lama. Jika mengonsumsi daun teh atau yang telah dikemas dalam kantung, habiskan dalam jangka waktu maksimal enam bulan. Lebih dari itu, khasiat antioksidan teh hijau akan berkurang.

Jadwal Minum Teh Hijau Sehari-hari

Untuk mendapatkan manfaat teh secara maksimal, setidaknya minum enam hingga tujuh gelas per hari. Berikut ini jadwal konsumsi teh hijau seperti yang dikutip dari vemale.com.

1. Pagi Hari
Anda dapat minum teh hijau pagi hari setelah bangun tidur untuk membantu memecah lemak. Sebaiknya minum teh hijau dalam keadaan hangat, tidak dengan es. Selain itu, konsumsi teh hijau pagi hari juga dapat mencegah radikal bebas, dan mengurangi nafsu makan.

2. Sebelum Sarapan
Minum teh hijau sebelum sarapan dapat membantu membakar makanan sarapan dan mengurangi rasa ingin ngemil sebelum makan siang.

3. Sebelum Makan Siang
Jika sebelum makan siang Anda minum teh hijau terlebih dulu, maka Anda tidak akan makan terlalu banyak karena perut sudah terisi cairan. Selain itu juga membantu tubuh membakar lebih banyak.

4. Sebelum Makan Malam
Terakhir, minum teh hijau sebelum makan malam. Minum teh hijau sebelum makan malam membantu mencerna makanan dan membakar lemak saat kita tidur.

Anda dapat mengkombinasikan minum air putih sebanyak 10 gelas air putih dan 4 gelas teh hijau setiap hari dalam program diet. Imbangi juga dengan pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur.

Manfaat Teh Hijau

Selain membantu program diet, teh hijau juga memiliki beragam manfaat lain untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat teh hijau yang bisa Anda dapatkan.
  • Mencegah penuaan dini
  • Memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang, dan membantu mengurangi bau mulut.
  • Baik untuk kesehatan kulit.
  • Membantu Kinerja Otak.
  • Antioksidan, nutrisi pada teh hijau dipercaya mampu menyerap racun yang mengganggu dalam tubuh.
  • Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan Jantung.
  • Mengatasi Jerawat dan Eksim.

Efek Samping Teh Hijau

Selain banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari teh hijau, ternyata juga terdapat efek samping yang perlu kita perhatikan. Diantaranya adalah:

1. Efek Kafein
Meskipun kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah dari kopi, tetap saja memberikan efek kafein pada tubuh seperti  sulit tidur, detak jantung lebih cepat, gelisah dan tekanan darah yang meninggi.

2. Perut Kembung
Bagi Anda yang memiliki penyakit maag, sebaiknya perlu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah banyak. Karena Teh hijau banyak mengandung zat tannin yang dapat memicu perut menghasilkan zat asam lebih banyak. Jika diminum saat perut masih kosong, maka dapat memperparah penyakit maag Anda.

3. Kekurangan Zat Besi
Zat tannin yang berlebih dalam darah dapat menghambat penyerapan tubuh terhadap zat besi.

4. Osteoporosis
Ini merupakan salah satu efek teh hijau yang cukup mengerikan, khususnya bagi wanita. Teh hijau diyakini akan membawa lebih banyak kalsium dalam tubuh keluar melalui urin, daripada zat diuretik lainnya.

5. Dapat Mempengaruhi Kehamilan
Babi ibu-ibu yang sedang hamil, sebaiknya mengurangi asupan teh hijau dalam jumlah tinggi. Kandungan kafein dapat menyeberang plasenta dan masuk ke dalam sirkulasi janin, dampaknya yaitu keguguran. Meskipun tidak dilarang, sebaiknya batasi minum teh hijau bagi ibu hamil.