Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah

fiforlif
Berat badan merupakan hal yang sangat sensitif, terutama bagi kaum wanita. Banyak orang yang masih kebingungan bagaimana cara menghitung berat badan ideal yang tepat. Anda dapat menggunakan metode BMI atau indeks massa tubuh untuk mengetahui berat badan ideal.

Metode BMI menggunakan berat badan dalam kg yang dibagi dengan tinggi badan kuadrat dalam satuan meter. Dengan demikian dapat segera diketahui kita masuk dalam kategori apa, kurus, normal, berlebihan atau obesitas.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 

Metode BMI (Body Mess Index) atau IMT (Index Massa Tubuh) merupakan metode yang paling mudah untuk menghitung berat ideal. Berikut ini rumus yang bisa Anda gunakan:

Berat Badan Ideal  = Berat Badan (dalam Kg) : (Tinggi badan (dalam meter) x Tinggi badan(dalam meter))

Contoh : 60kg : (1.65m x 1.65m) = 22.05

Hasilnya dapat Anda cocokkan dengan kriteria dibawah ini:

Standar BMI Untuk Wanita

<18       =  Anda kekurangan berat badan/kurus
18 - 25  =  Berat badan normal atau ideal
25 - 27  =  Anda kelebihan berat badan
> 27      =  Obesitas, sebaiknya segera lakukan program penurunan berat badan

Standar BMI Untuk Pria

<17        =  Anda kekurangan berat badan/kurus
17 - 23   =  Berat badan normal atau ideal
23 - 27   =  Anda kelebihan berat badan
> 27       =  Obesitas, sebaiknya segera lakukan program penurunan berat badan

Benarkah Tidak Ada Berat Badan Ideal?

Sayangnya metode BMI atau indeks masa tubuh tidak dapat digunakan untuk mengukur kadar lemak tubuh. Karena dalam kenyataannya terdapat beberapa kasus bahwa ada orang yang justru berat badannya naik setelah fitnes, namun ada juga yang justru berat badannya turun setelah fitnes. Hal ini disebabkan karena berat badan dapat dipengaruhi oleh lemak dan otot tubuh.

Seseorang yang massa ototnya bertambah besar karena fitnes, maka berat badannya akan bertambah naik. Begitu juga orang yang kelebihan atau kekurangan lemak, maka dapat mempengaruhi berat badannya. Bedanya adalah timbunan lemak adalah tidak sehat dan lemak tidak bisa memberikan bentuk tubuh indah.

Bagaimana Mengetahui Berat Badan Ideal?

Lantas bagaimana mengetahui berat badan ideal? Sebaiknya Anda jangan terpaku dengan angka. Anda dapat melihat ke cermin tentang bagaimana bentuk tubuh Anda. Apakah masih terlihat perut buncit atau lengan bergelambir? Apakah Anda sudah puas dengan bentuk tubuh sekarang atau masih ingin langsing?

Anda dapat mengukur kadar lemak tubuh menggunakan alat khusus fat monitor. Kadar lemak normal untuk cowok adalah 15-20% sedangkan cewek 20-25%. Kadar lemak yang dapat dikatakan bagus sehingga bisa membuat tubuh lebih berbentuk adalah 10-15% untuk cowok dan 15-20% untuk cewek.

Pada saat berlatih fitnes, tanpa disadari Anda melakukan dua hal. Pertama menambah massa otot dan kedua adalah mengurangi jumlah lemak tubuh. Jika massa otot bertambah besar, maka berat badan akan naik namun tubuh lebih berbentuk. Sebagai contoh, jika massa otot Anda bertambah 1kg dan lemak berkurang 1kg, maka berat badan kita tidak akan berubah pada angka timbangan. Namun ukuran celana kita akan berkurang.

Jadi bagi Anda yang ingin mempunyai tubuh yang ideal, jangan berpatokan dengan angka di atas timbangan. Karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi naik atau turunnya berat badan. Namun ketika tubuh Anda mulai terlihat bergelambir karena tumpukan lemak, maka sudah saatnya untuk menurunkan berat badan.