Panduan Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Diet

fiforlif
Tidak ada cara instan mengecilkan perut buncit, namun dengan disiplin mengatur pola makan dengan diet sehat dan dikombinasikan dengan olahraga secara teratur maka perut langsing bisa Anda dapatkan secara bertahap.

Selain perut yang langsing, Anda bisa mendapatkan manfaat ganda yaitu kesehatan tubuh secara menyeluruh. Karena lemak perut merupakan lemak berbahaya yang harus segera Anda singkirkan. 

Cara Mengecilkan Perut

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Diet


Bahaya Lemak Perut

Sebaiknya segera pangkas lemak perut buncit Anda, karena seseorang yang memiliki lemak perut lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, gula darah tinggi, resistensi insulin, dan penyakit jantung.

Panduan Diet Mengecilkan Perut

Pengaturan pola makan sangat penting untuk mendapatkan perut langsing dan rata. Berikut ini beberapa aturan pola makan untuk mengecilkan perut buncit.

1. Makan 5 Sampai 6 Kali Sehari
Diet yang benar bukanlah menahan lapar seharian, justru dianjurkan untuk sering makan 5-6 kali sehari namun dalam porsi yang kecil. Anda membutuhkan metabolisme tubuh yang bagus untuk membakar lemak tubuh. Sementara jika Anda menahan lapar seharian, metabolisme tubuh Anda akan terganggu. Akibatnya proses pembakaran lemak juga semakin melambat.

Selain itu, membagi porsi makan 5 sampai 6 dengan porsi kecil dapat mencegah akumulasi lemak daripada hanya 1-2 kali makan dalam porsi sangat besar.

2. Konsumsi Beraneka Ragam Makanan
Tubuh kita membutuhkan beraneka macam nutrisi setiap hari. Untuk memenuhi berbagai macam nutrisi tersebut, konsumsilah makanan sehat yang kaya protein, mengandung lemak baik dan karbohidrat kompleks.

Untuk sumber protein, Anda bisa mendapatkannya dari kacang polong, kedelai, almond, hazelnut, walnut, yogurt rendah lemak, ayam, telur, daging tanpa lemak dan ikan. Untuk lemak sehat, Anda bisa mendapatkannya dari minyak zaitun, flaxseed oil, minyak bunga matahari dan alpukat. Sedangkan untuk karbohidrat kompleks, bisa Anda dapatkan dari beras merah, gandum, ataupun buah seperti anggur, stroberi, apel, serta sayuran hijau seperti bayam.

3. Perhatikan Minuman Anda
Hindari minuman berkalori tinggi seperti minuman bersoda, sirup, ataupun minuman beralkohol. Sebagai gantinya, Anda bisa beralih ke yogurt drink, jus buah, jus sayuran, susu rendah lemak, dan sebagainya.

4. Perbanyak Minum Air Mineral
Minumlah air putih kurang lebih sebanyak 8 gelas setiap hari. Dengan minum air lebih banyak dapat melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme, meningkatkan tingkat energi dan membuat kenyang lebih lama.

5. Hindari Stres
Stres ternyata berpengaruh terhadap perut buncit. Ketika Anda stres, tubuh akan melepaskan kortisol, yaitu suatu hormon yang bertanggung jawab untuk timbunan lemak perut. Oleh sebab itu buatlah tubuh Anda rileks dan dapatkan tidur yang cukup.