Cara Menambah Berat Badan Dan Membentuk Massa Otot

fiforlif
Selain menurunkan berat badan, ternyata menambah berat badan juga menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Ketika orang gemuk ramai-ramai melakukan diet ketat atau olahraga untuk membakar lemak, maka bagi sebagian orang lainnya yang memiliki tubuh kurus juga berjuang keras menaikkan berat badan untuk mendapatkan berat badan ideal.

Faktor genetik memang berperan penting dalam menentukan jenis tubuh. Namun bukan berarti bagi yang bertubuh kurus tidak bisa menambah berat badan. Seperti yang dikutip dari duniafitnes.com, berikut ini beberapa tips untuk menambah berat badan dan membentuk massa otot tubuh.

Cara Menambah Berat Badan

Cara Menambah Berat Badan



Tingkatkan Asupan Kalori
Cara sederhana untuk menaikkan berat badan adalah menambah asupan kalori. Tingkatkan asupan kalori secara rutin, namun jangan berlebihan. Karena jika terlalu banyak asupan kalori akan dikonversi menjadi lemak. Anda bisa menambahkan menu telur, ikan, berbagai produk susu dan daging.

Selain itu, konsumsi juga  makanan yang kaya protein seperti buncis, kacang-kacangan dan sebagainya. Makanan yang mengandung zat tepung seperti kentang juga dapat mempercepat menambah berat badan ideal.


Perbanyak Ngemil Makanan Sehat Disela-sela Waktu Makan
Untuk menambah berat badan, makanlah setidaknya 2-3 jam sekali. Anda dapat membagi 6 kali makan dengan 3 kali makan menu utama dan 3 kali makan menu makanan ringan seperti cemilan buah-buahan kering, energy bar, granola, Chikki dan laddoo.

Hindari Junk Food
Meskipun ingin menambah berat badan, sebaiknya hindari berbagai macam jenis junk food seperti burger atau pizza. Karena junk food mengandung banyak sekali kalori dan lemak jahat yang berbahaya bagi kesehatan. Junk food memang dapat menambah berat badan, namun yang bertambah adalah lemak bukan otot sehat.

Perbaiki Pola Makan Seimbang
Cukupi berbagai macam nutrisi tubuh untuk menambah berat badan mulai dari protein, pati, vitamin, mineral dan sebagainya. Meskipun ingin menambah berat badan, sebaiknya hindari lemak jahat seperti minyak goreng, daging merah, margarin dan sebagainya.

Jangan Minum Sebelum Makan
Perbanyak minum air minimal minimal 8-10 gelas setiap hari. Namun jangan minum sebelum makan dan disela-sela makan karena dapat menurunkan asupan kalori tubuh.

Latihan Beban
Olahraga sangat penting untuk menambah berat badan. salah satunya adalah latihan beban. Massa otot Anda akan membesar sehingga berat badan juga bertambah. Selain itu, tubuh Anda akan terlihat lebih berisi dan atletis.

Latihan beban yang terbaik untuk membangun massa otot diantaranya adalah deadlift, squats, barbell rows, bench press, bar dips, dan pull-ups. Sedangkan untuk menambah berat badan bagian atas, Anda dapat melakukan push up, squat untuk otot paha, standing heel raise untuk betis, sit-up untuk perut, dan pull-up untuk lengan dan punggung.

Suplemen
Suplemen juga mampu mempercepat proses penambahan berat badan, diantaranya adalah suplemen penambah massa otot dan susu penambah berat badan.

Jika Anda terlalu kurus, sebaiknya jangan melakukan latihan beban secara berlebihan karena dapat beresiko terjadi cidera seperti nyeri, insomnia, kelelahan, bahkan hingga depresi. Sebaiknya lakukan latihan beban secara bertahap dari beban yang Anda kuasai terlebih dulu.