Cara Melakukan Senam Kegel Dan Manfaatnya

fiforlif
Senam kegel merupakan senam menguatkan otot-otot dasar panggul yang menopang rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum. Senam kegel dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Bisa dilakukan oleh pria atau wanita, saat hamil, setelah melahirkan, serta ibu-ibu rumah tangga agar semakin romantis dengan suami.

Dulu senam kegel sempat populer dengan arahan jepit-lepas, kontrak-rilis. Jepit berarti menahan otot panggul, sedangkan lepas berarti melepaskan seteah beberapa detik menahan otot tersebut.

Senam Kegel

senam kegel


Manfaat Senam Kegel

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rajin melakukan senam kegel, diantaranya adalah:
1. Dapat mencegah mengompol saat Anda batuk maupun bersin.
2. Dapat mencegah timbulnya wasir atau mengompol yang sering dialami ibu hamil.
3. Dapat mengondisikan otot-otot di sekitar panggul lebih mudah menjalankan fungsinya saat melahirkan lewat persalinan normal.
4. Dapat membuat hubungan suami istri lebih harmonis.
5. Dapat mencegah terjadinya inkontinensi urin, yaitu sulit mengontrol buang air kecil seiring dengan bertambahnya usia.

Cara Melakukan Senam Kegel

Sebelum memulai senam kegel, Anda harus mengetahui dengan benar otot mana yang dilatih untuk ditahan dan dilepaskan. Untuk memastikannya, cobalah hentikan aliran urin ketika Anda sedang buang air kecil atau berkemih. Jika Anda berhasil melakukannya maka Anda sudah menguasai gerakan dasarnya.

Anda dapat melakukan gerakan mengerutkan otot selama 5 detik, kemudian mengendurkannya selama 5 detik. Ulangi gerakan tersebut 4-5 kali. Untuk tahapan lanjutan, Anda dapat meningkatkan menahan otot selama 10 detik, dan melepaskannya juga selama 10 detik.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya Anda tetap fokus pada otot panggul saja. Jangan jangan menegangkan otot-otot di daerah perut, paha dan lainnya.

Waktu Terbaik Melakukan Senam Kegel

Anda dapat melakukan senam kegel kapan saja dan dimana saja. Tidak harus pada ruangan tertentu, bahkan saat naik mobil Anda masih bisa melakukan senam kegel. Setidaknya lakukan 3 set latihan setiap hari dengan pengulangan hingga 10 kali pada setiap set.