Daftar Menu Makanan Untuk Diet Sehat Terbaik

fiforlif
Makanan untuk diet terbaik adalah menu makanan yang mengandung nutrisi yang berkualitas. Jadi tidak hanya sebatas menghitung jumlah kalori saja, pastikan seimbang dan mencukupi berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ada beragam menu makanan yang bisa dipilih untuk konsumsi sehari-hari. Namun untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, maka Anda harus memilih menu makanan terbaik.

Makanan Untuk Diet

Makanan Untuk Diet


Tips Diet Sehat

Diet sehat adalah diet yang  mengkombinasikan berbagai menu makanan yang mengandung nutrisi terbaik seperti protein, karbohidrat komplek dan lemak baik. Seperti yang dikutip dari duniafitnes.com, berikut ini beberapa daftar makanan terbaik untuk program diet.

Sumber Protein Terbaik

Protein berperan penting dalam program diet. Selain itu, protein juga untuk proses pembentukan otot dan meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa sumber protein terbaik diantaranya adalah:

1. Ikan Tuna
Dalam 100 gram ikan tuna mengandung sekitar 24 gr protein. Selain itu, ikan tuna mengandung asam lemak omega 3, kaya kandungan mineral selenium, magnesium, potassium, dan niasin, vitamin B1, serta B6. Cukupi kebutuhan protein dari ikan tuna setidaknya 30 gr sehari atau 2 sajian per minggu.

2. Putih Telur Ayam
Dalam 100 gr putih telur rebus mengandung 12,6 gr protein. Selain itu, putih telur juga kaya selenium, riboflavin, asam lemak omega-3, vitamin B12, B6, vitamin A, folat, zat besi, zinc, fosfor, dan berbagai nutrisi lainnya. Putih telur juga kerap digunakan bagi para fitnes mania untuk membentuk jaringan otot tubuh dengan sempurna.

3. Kacang Hijau
Dalam 100 gr kacang hijau rebus mengandung 7 gr protein nabati. Kacang hijau juga kaya serat makanan yang mengenyangkan, memperbaiki pencernaan, dan mencegah konstipasi, rendah karbohidrat dan hampir bebas lemak.

4. Daging Sapi Bebas Lemak (Lean Beef)
Daging sapi merupakan salah satu daging yang kaya protein sebanyak 27gr/100 gr daging. Selain itu daging sapi juga mengandung berbagai jenis vitamin B, creatine, hormon pertumbuhan, zat besi, dan masih banyak lagi. Pastikan daging sapi yang Anda konsumsi adalah gading sapi bebas lemak.

5. Daging Unggas
Daging unggas cocok untuk program diet pembentukan otot, bulking, maupun cutting. Hal yang harus perhatikan saat mengkonsumsi daging unggas adalah saat memasaknya. Hindari cara memasak dengan digoreng karena Anda akan kehilangan berbagai macam kandungan nutrisinya seperti protein, asam amino esensial, selenium, niasin, vitamin B6, dan asam lemak omega-3 serta berbagai nutrisi lainnya. Pilihlah dada ayam kampung yang lebih banyak mengandung nutrisi dan lebih sehat.

6. Susu Sapi Rendah Lemak
Susu sapi rendah lemak mengandung protein whey dan protein kasein berkualitas tinggi. Selain itu, susu sapi rendah lemak juga mengandung laktosa,  kalsium, vitamin D, vitamin K, antioksidan kuat (berupa laktoferin), dan CLA untuk kesehatan tubuh sehari-hari.

7. Susu Kedelai
Alternatif lain untuk mendapatkan protein bagi para vegetarian adalah susu kedelai. susu kedelai dijamin bebas laktosa bebas kolesterol.

Sumber Karbohidrat Komplek

Selain protein, tubuh juga memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Karbohidrat kompleks mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin, mineral, protein dan air, yang sangat diperlukan tubuh saat diet. Berikut ini beberapa sumber karbohidrat komplek terbaik untuk program diet:

1. Beras Merah
Beras merah mengandung serat yang sangat tinggi sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, beras merah juga mengandung asam amino, selulosa, mineral magnesium dan mangan.

2. Oatmeal
Oatmeal juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk program diet. Selain itu oatmeal juga mengandung protein, berindeks glikemik rendah, dan baik bagi pencernaan serta menjaga level kolesterol.

3. Roti Gandum Utuh
Menu lainnya yang merupakan karbohidrat kompleks adalah roti gandum utuh. Roti gandum utuh juga baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung protein, multivitamin, mineral, dan berbagai nutrisi baik lainnya.

4. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan kaya serat, multivitamin terutama vitamin C, vitamin A, kalsium, rendah kalori, dan bebas lemak. Untuk memasaknya sebaiknya setengah matang dan hindari memasak menggunakan microwave untuk mencegah hilangnya kandungan antioksidan.

5. Sayur-Sayuran Hijau
Nutrisi yang terdapat pada sayur-sayuran hijau sudah tidak diragukan lagi. Beberapa sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong, selada, lobak/bit, daun katuk, kale, dan masih banyak lagi memiliki kandungan  berbagai vitamin, mineral, zat fitokimia, zat antioksidan, anti toksin dan berbagai macam kandungan lainnya yang masih melimpah. Anda dapat mengkonsumsinya dalam keadaan segar atau setengah matang.

Sumber Lemak Baik

Terakhir, lengkapi menu diet sehat Anda dengan lemak baik. Mungkin kebanyakan orang yang melakukan diet akan menghindari lemak. Padahal tidak semua lemak berbahaya bagi kesehatan. Lemak adalah salah satu makanan diet yang diperlukan tubuh untuk membantu meningkatkan metabolisme dan membantu keberhasilan program diet yang Anda lakukan. Berikut ini beberapa sumber lemak baik:

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang baik untuk program diet. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 yang baik bagi kesehatan, serta antioksidan yang cukup kuat.

2. Alpukat
Lemak yang terdapat dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat juga sangat baik untuk membantu program diet karena kaya akan vitamin dan mineral, mulai dari vitamin C dan vitamin E yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat, vitamin B6, vitamin K, asam folat, niasin, dan riboflavin.

3. Pisang

Bagi pelaku morning banana diet pasti sudah tidak asing dengan pisang. Buah ini sangat baik untuk program diet. Pisang juga mengandung mineral potasium yang mampu mencegah keletihan dan hipertensi, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta koregulasi ATP, vitamin C, B6, beta-karoten, antasid, dan serat makanan.

4. Apel
Buah apel juga salah satu buah yang kaya serat dan sangat baik untuk diet. Belum lagi kandungan vitamin, mineral, antioksidan, flavonoid, dan tanin pada apel sangat bermanfaat untuk meningatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai serangan penyakit.