8 Cara Menghilangkan Lemak di Perut

fiforlif
Bagaimana cara menghilangkan lemak di perut? Untuk menghilangkan lemak perut, Anda dapat mengkombinasikan diet dan olahraga dari semua bagian tubuh. Jadi Anda jangan hanya fokus pada bagian perut saja. Karena lemak perut sama seperti lemak pada bagian tubuh lain, tidak bisa dihilangkan pada bagian itu saja.

Lemak perut atau lemak visceral merupakan lemak yang berbahaya jika tidak segera dihilangkan. Hal ini disebabkan karena lemak perut berada di bagian dalam dan di sekitar organ-organ tubuh Anda.

Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Cara Mengecilkan Perut

Jangan pernah membuat tubuh Anda merasa lapar jika ingin mengecilkan perut. Karena jika Anda hanya makan sekali atau dua kali dalam sehari maka tubuh Anda untuk beralih ke mode penyimpanan lemak. Oleh sebab itu jangan lewatkan sarapan, camilan sehat, dan makanan segar.

Seperti yang dikutip dari id.wikihow.com, berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan lemak di perut.

1. Pilih Olahraga Berat
Jika Anda belum terbiasa dengan olahraga, maka dua minggu pertama dapat melakukan olahraga ringan. Setelah tubuh sudah terbiasa dengan olahraga, Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari, berenang bolak-balik, bersepeda di jalan raya, mendayung, atau boot camp.

2. Lakukan Latihan Penguatan Dua Minggu Berikutnya
Dua minggu berikutnya Anda dapat melakukan latihan penguatan tubuh. Anda dapat melakukan latihan beban tiga kali dalam seminggu. Selalu regangkan bagian tengah tubuh (perut) ketika melakukan olahraga tersebut. Jangan melengkung ke belakang. Tindakan meregangkan perut ini akan membantu Anda menguatkan perut dan membentuknya. Berikut ini beberapa rincian latihan penguatan tubuh:
  • Lakukan angkat beban minimal 30 menit dalam sekali latihan.
  • Lakukan latihan untuk mengencangkan otot lengan atas, bagian depan (bicep curls), push up, pull ups (latihan mengangkat tubuh dengan menggunakan palang), latihan mengencangkan otot lengan bagian belakang (tricep curls), dan latihan untuk mengencangkan bagian dada (fly dan chest press).
3. Lakukan Latihan HIIT
HIIT atau High Intensity Interval Training merupakan latihan latihan jeda dengan intensitas tinggi. Lakukan lari cepat selama 30 detik sampai 1 menit. Kemudian lari dengan intensitas sedang selama 2 sampai 4 menit. Setelah itu lakukan lagi lari cepat selama 30 sampati 1 menit.

4. Lakukan Latihan Kardio Setidaknya 30 Menit
Untuk dapat membakar lemak perut dan seluruh tubuh, lakukan latihan kardio setidaknya 20-30 menit. Jika lemak perut dan lemak tubuh Anda terlalu banyak, maka dapat melakukan latihan kardio hingga 45 menit, lima  kali dalam seminggu.

5. Konsumsi Protein Lebih Banyak
Protein dibutuhkan untuk pembentukan otot tubuh. Dengan membangun otot dapat membantu membakar lemak dan mempercepat metabolisme tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan protein dari putih telur, ikan, ayam, atau sepotong daging merah dengan sedikit lemak.

6. Perbanyak Makanan Baik
Ganti asupan karbohidrat dari beras biasa dengan karbohidrat komplek seperti beras merah. Perbanyak buah-buahan dan sayuran segar yang memiliki kandungan tinggi serat seperti apel, pisang, dan lainnya.

7. Tambahkan Produk Susu Rendah Lemak Untuk Diet
Konsumsi greek yoghurt yang kaya protein, susu skim, dan bahkan keju rendah lemak dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pilihlah produk tanpa pemanis atau dengan sedikit pemanis, makanlah setidaknya 6 ons yogurt per hari.

8. Pilihlah Lemak Baik
Lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, zaitun dan minyak zaitun, flaxseed, dan buah alpukat. Anda juga bisa menggunakan lemak baik sebagai camilan seperti selai almond dan oatmeal, atau sepotong roti gandum dengan biji-bijian, ditambah selai kacang, akan membuat Anda kenyang lebih lama.