10 Jenis Buah Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

fiforlif
Buah untuk diet berikut ini bisa menjadi camilan saat perut kosong dan terasa lapar. Selain menyehatkan, buah-buahan juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah yang kaya serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga sangat membantu program diet.

Buah Untuk Diet

Buah Untuk Diet

Cara Menurunkan Berat Badan

Berikut ini beberapa jenis buah yang bisa Anda masukkan kedalam menu diet untuk membantu menurunkan berat badan seperti yang dikutip dari vemale.com.

1. Buah Stroberi
Stroberi merupakan sumber vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin A, vitamin K, dan vitamin E. Anda dapat menambahkan stroberi dalam smoothie dan hidangan salad.

2. Aprikot
Aprikot tinggi serat, vitamin C, kalium, air, kalsium, zat besi, dan antioksidan. Anda dapat membuat pai aprikot yang sangat lezat dan mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

3. Buah Melon
Melon merupakan sumber kalium yang baik bagi tubuh, selain pisang. Anda bisa menggunakannya untuk smoothie dan campuran salad buah.

4. Buah Mangga
Mangga merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral yang membantu untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh, menjaga sistem pencernaan dan membantu melawan kanker.

5. Blueberry
Blueberry dapat membantu meningkatkan fungsi memori, mengurangi peradangan, mencegah infeksi saluran kemih, mengurangi lemak perut, dan baik untuk mata Anda, serta memperbaiki sel kulit dan rambut.

6. Ceri
Buah ceri dapat membantu meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit, mencegah kram otot, meningkatkan fungsi otak, membuat tidur nyenyak dan mencegah kanker. Selain itu, buah ceri memiliki sifat anti-inflamasi yang tinggi dan baik untuk sistem pencernaan, meningkatkan fungsi mata, dan hati.

7. Rhubarb
Rhubarb merupakan sumber vitamin C yang membantu untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar lebih sehat. Karena kandungan natrium yang rendah dan lemak tak jenuhnya, rhubarb dapat membantu mencegah penyakit jantung.

8. Diet Pisang
Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan morning banana diet atau diet pisang. Buah pisang mengandung serat yang cukup tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama. Anda dapat mengikuti panduan program diet pisang untuk hasil yang maksimal.

9, Buah Apel
Selain pisang, buah apel juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga sangat baik untuk membantu program diet. Selain itu masih banyak lagi manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari buah apel.

10. Buah Pepaya
Buah pepaya mengandung serat, air, rendah kalori, dan rendah lemak sehingga bisa Anda masukkan kedalam menu diet untuk membantu menurunkan berat badan. Buah pepaya juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Buah Dapat Menggagalkan Diet

Meskipun beberapa buah diatas dapat menurunkan berat badan, buah ternyata juga dapat mengacaukan program diet yang Anda lakukan. Bukan tubuh langsing yang didapatkan, justru berat badan bertambah. Berikut ini beberapa alasan mengapa buah dapat menaikkan berat badan:

1. Buah Mengandung Gula
Buah dengan rasa manis menunjukkan bahwa terdapat kandungan karbohidrat atau gula. Karbohidrat sederhana seperti fruktosa yang banyak ditemukan pada buah dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah jika tidak dikontrol asupannya.

Oleh sebab itu batasi konsumsi buah yang mengandung gula karena kalori akan menumpuk menjadi lemak jika tidak digunakan. Imbangi juga dengan olahraga secara rutin untuk membakar kalori dalam tubuh.

2. Pemilihan Waktu Makan Buah yang Tidak Tepat
Meskipun buah menyehatkan dan baik untuk tubuh, namun jika dimakan pada waktu yang salah justru dapat menggagalkan program diet. Waktu yang paling tepat untuk makan buah adalah saat perut sedang kosong. Jika makan buah setelah menyantap makanan berat, maka Anda sama saja menumpuk kalori dalam tubuh.

3. Makan Buah Dengan Porsi yang Salah
Makan buah dengan porsi yang berlebihan juga dapat mengacaukan diet. Hal ini dikarenakan buah juga mengandung kalori. Misalnya satu buah pisang mengandung sekitar 105 kalori. Lantas bagaimana jika Anda makan buah dalam jumah yang banyak? Tetap perhatikan porsinya untuk membatasi penumpukan kalori dalam tubuh.