5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Agar Tidak Berlebihan

fiforlif
Nafsu makan yang tidak terkontrol merupakan salah satu penyebab naiknya berat badan. Apalagi jika Anda sedang melakukan program diet, nafsu makan berlebih menjadi musuh yang sangat susah untuk dikontrol.

Makan secara berlebihan seperti junk food, camilan dan banyak mengkonsumsi makanan manis atau berlemak dapat menimbulkan penumpukkan lemak tubuh sehingga obesitas pun terjadi. Pada saat seseorang sudah mengalami kegemukan, berbagai masalah lain pun dapat muncul misalnya hipertensi, diabetes tipe-2, penyakit jantung, stroke, gangguan pernapasan dan tidur dan sebagainya.

Cara Mengontrol Nafsu Makan

Cara Mengontrol Nafsu Makan

Jika nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, maka dapat mempermudah program penurunan berat badan sekaligus mempertahankannya. Berikut ini beberapa tips mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan.

1. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Nasi merah dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama karena nasi merah merupakan sumber karbohidrat komplek yang dicerna tubuh secara berkala. Sedangkan nasi putih merupakan sumber karbohidrat simple yang dapat dicerna tubuh dengan cepat sehingga dalam waktu singkat akan merasakan lapar kembali.

2. Ngemil Apel

Apel merupakan salah satu buah sumber serat tinggi yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi sebaiknya ngemil dengan buah apel daripada snack atau kertipik yang mengandung kalori tinggi.

3. Jangan Tinggalkan Sarapan

Sarapan pagi sangat penting karena perut kita telah kosong kurang lebih 7-8 jam saat tidur. Jika kita melewatkan sarapan pagi, maka tubuh akan terasa lemah, letih dan lesu menjelang siang. Akibatnya Anda akan makan mambabi buta saat siang hari. Hal ini mungkin berbeda dengan diet OCD karena dalam program diet selalu ada konto-versi.

4. Makan Dalam Porsi Kecil

Makanlah 5-6 kali sehari namun bagi menu makanan dalam porsi kecil. Hal ini lebih cukup efektif merangsang perut kenyang lebih cepat daripada makan porsi besar dalam satu waktu.

5. Mulai Berolahraga

Olahraga selain dapat membakar lemak tubuh juga dapat mengembalikan sensitivitas hormon pengatur rasa kenyang dalam tubuh. Jadi jika Anda melakukan olahraga secara rutin dapat menekan dan mengontrol nafsu makan berlebih.

Jangan lupakan makanan sehat lainnya seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan olahannya serta sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineralnya sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima sepanjang hari.