5 Jenis Olahraga Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

fiforlif
Ada beberapa jenis olahraga yang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Anda tinggal memasukkannya kedalam jadwal rutin harian. Karena jika melakukan olahraga hanya sekali atau dua kali maka Anda tidak akan melihat hasilnya.

Jadikan olahraga sebagai gaya hidup untuk menurunkan dan mengontrol berat badan. Karena dengan berolahraga, lemak dapat dipangkas sehingga tidak terjadi kelebihan berat badan. Selain itu, olahraga juga dapat membangun otot, meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dan tentu saja membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Namun Anda juga harus mengimbanginya dengan pola makan yang baik, sehingga olahraga yang Anda lakukan tidak sia-sia. Berikut ini cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang mudah namun dengan hasil maksimal.

1. Senam Aerobik

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain dapat membakar lemak lebih banyak, senam aerobik juga dapat mengencang tubuh. Anda dapat mencoba senam aerobik 60 menit sekali latihan secara rutin. Maka Anda dapat membakar lebih dari 650 kalori.

2. Berlari


Berlari merupakan pilihan olahraga yang murah dan mudah. Anda tinggal memakai sepatu dan dapat melakukannya pagi hari atau sore hari. Lakukan lari dengan metode interval training untuk membakar kalori lebih banyak. Caranya lari kencang dengan sekuat tenaga dalam waktu 30 detik sampai 2 menit, kemudian pelankan lagi lari dengan kecepatan sedang, setelah itu lari lagi dengan kecepatan tinggi. Ulangi secara terus menerus.

3. Jalan Kaki

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain berlari, Anda juga bisa melakukan jalan kaki untuk membakar kalori. Jalan kaki yang yang dilakukan adalah jalan kaki cepat dengan kecepatan tertentu, bukan jalan kaki santai.

4. Bersepeda

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Bersepeda dengan kecepatan sedang selama satu jam dapat membakar membakar 1000 kalori, namun hal tersebut juga tergantung dengan medan yang ditempuh dan berat badan masing-masing orang. Selain itu bersepeda juga dapat melatih otot kaki, menyehatkan jantung, meningkatkan stamina dan menghilangkan stress.

5. Berenang

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan, karena Anda bisa bermain air sambil menurunkan berat badan. Dari sebuah studi menunjukkan, berenang dapat membakar ebih dari 800 kalori perjam. Selain itu renang merupakan olahraga yang lengkap karena melibatkan hampir seluruh bagian otot tubuh mulai dari otot punggung, lengan, kaki, pinggat, perut dan otot lainnya. Lakukan renang dengan gaya yang Anda kuasai seperti gaya kupu-kupu, gaya katak, gaya punggung, atau gaya bebas.

Kini Anda tinggal memilih atau mengkombinasikan beberapa olahraga diatas untuk mendapatkan tubuh langsing ideal. Selamat mencoba!