Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan yang Aman

fiforlif
Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan, berat badan yang naik pada saat kehamilan merupakan hal yang wajar karena untuk persiapan persalinan. Tentu saja setiap wanita ingin segera mengembalikan tubuh langsing pasca melahirkan. 

Namun Anda jangan terburu-buru, karena tubuh membutuhkan waktu pemulihan serta pemberian ASI yang tidak boleh berhenti. Hal harus Anda lakukan adalah menunggu waktu yang tepat untuk dapat memulai program penurunan berat badan. Karena usai melahirkan kondisi tubuh masih belum stabil.

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan


Kapan Waktu yang Tepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan?

Waktu yang aman untuk memulai program penurunan berat badan biasanya setelah 6 sampai 8 minggu setelah melahirkan. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter untuk meyakinkan apakah kondisi tubuh benar-benar siap atau belum.

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan?

Memang membutuhkan sedikit kesabaran untuk mendapatkan tubuh langsing setelah melahirkan. Banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan mengenai gizi dan nutrisi bayi yang harus terpenuhi. Seperti yang dikutip dari http://health.detik.com, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

Jangan Diet
Saat ini kebutuhan gizi bayi Anda harus terpenuhi jadi sebaiknya jangan melakukan diet terlebih dahulu. Cukup hindari beberapa camilan yang mengandung kalori tinggi seperti snack, keripik, cookies dan soft drink. Jika Anda menginginkan camilan, bisa mengiris apel, wortel, atau makan biskuit gandum.

Perbanyak Asupan Serat
Serat sangat baik untuk tubuh, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah segar dan sayur mayur.

Perbanyak Konsumsi Makanan Super
Nutrisi dan gizi sangat dibutuhkan ibu menyusui agar bayinya tetap sehat. Beberapa makanan super diantaranya adalah ikan dengan kandungan DHA, omega 3, dan asam lemak esensial yang membantu perkembangan otak bayi. Jenis ikan yang banyak mengandung nutrisi itu antara lain salmon, sarden, dan tuna.

Selain ikan, Anda juga bisa mengkonsumsi susu dan yogurt yang mengandung kalsium cukup tinggi untuk menguatkan tulang. Jangan lupakan juga asupan protein yang bisa Anda dapatkan dari daging tanpa lemak, ayam, dan kacang-kacangan.

Menyusui
Dari sebuah studi menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Selain itu ASI eksklusif sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi Anda.

Asupan Air yang Cukup
Asupan air dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jika asupan air Anda cukup maka dapat dilihat dari urine yang jernih. Namun jika keruh berarti asupan air minum Anda masih kurang.

Bergerak
Olahraga tidak harus di tempat gym, Anda dapat melakukan aktivitas ringan seperti mendorong kereta bayi, mengurus si kecil, menyapu, dan aktivitas lainnya dirumah.

Berat badan Anda memang tidak dapat turun secara drastis, namun secara perlahan. Jika tubuh Anda benar-benar sudah fit dan siap maka bisa segera memulai program penurunan berat badan dengan bantuan trainer di gym terpercaya. Hindari mengkonsumsi obat-obatan diet yang tidak jelas keamanannya.