6 Cara Mengecilkan Betis yang Terlalu Besar Secara Alami

fiforlif
Memiliki betis yang kecil dan langsing dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun bagaimana jika memiliki betis yang besar? Adakah cara mengecilkan betis yang mudah sehingga dapat membuat bentuk kaki lebih jenjang?

Itulah pertanyaan sebagian besar wanita yang memiliki problem pada area kaki. Sebelum memulai mengecilkan betis, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab betis yang besar. Ada beberapa faktor yang membuat betis terlihat besar, diantaranya adalah adanya tumpukan lemak pada area betis dan faktor gen yang memang memiliki otot yang besar.

Cara Mengecilkan Betis

Cara Mengecilkan Betis

Banyak wanita yang mengeluhkan kakinya seperti pemain sepak bola. Sebenarnya dengan memiliki betis yang besar kita mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu kaki lebih putih karena sering tertutupi oleh pakaian dan kuat dalam menopang badan. 

Namun karena betis terlalu besar, kita sedikit susah dalam memilih jeans yang cocok dan berat untuk berjalan. Berikut ini beberapa cara dan tips mengecilkan betis yang bisa Anda coba:

1. Hindari Beban Secara Berlebih Pada Tumit
Dengan memberikan beban berlebihan pada tumit, tentu saja dapat membuat betis Anda menjadi besar. Sebaiknya selalu menyeimbangkan titik berat tubuh pada seluruh telapak kaki pada saat berjalan.

2. Pilates dan Yoga
Dengan melakukan gerakan pilates yang melibatkan latihan penguatan dan peregangan dapat  melenturkan dan memperpanjang otot sehingga memberikan postur lebih tinggi. Sehingga bentuk kaki terlihat lebih jenjang dan ukuran betis menjadi ideal. Sedangkan yoga dapat memberikan efek lebih rileks, memperlancar peredaran darah dan membantu keteraturan otot sehingga mempermudah untuk mendapatkan betis yang kecil.

3. Memperbanyak Latihan Kardiovaskuler
Dengan memperbanyak olahraga ringan yang mengutamakan ketahanan seperti joging dan berenang dapat mengecilkan betis secara efektif. Namun hindari lari cepat atau sprint dan olahraga lain yang membutuhkan kekuatan dan kecepatan gerak kaki.

4. Lakukan Gerakan Ankle Circle
Caranya duduk tegak di atas sebuah kursi, kemudian angkat salah satu kaki setelah itu putar ankle (pergelangan kaki) searah jarum jam sebanyak 6 kali. Ulangi gerakan tersebut dengan gerakan melawan arah jarum jam. Lakukan gerakan yang sama secara bergantian antara kaki kiri dan kanan.

5. Melakukan Latihan Calf Press
Gunakan alat soleus press untuk membuat betis terlihat lebih padat. Caranya duduk tegak di papan yang tersedia, kemudian letakkan bantalan penahan di atas paha. Setelah bebannya disesuaikan, naikkan bantalan penahan tersebut dengan cara mengangkat tumit.

6. Menggunakan Elliptical Trainer
Alat ini bisa anda jadikan alternatif sebagai pengganti jalan kaki. Alat yang digunakan untuk menghasilkan gerakan seperti berjalan ini paling bagus untuk melatih bagian quadriseps, yaitu sekumpulan otot di atas lutut. Hasilnya betis Anda lebih kecil sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jika Anda menginginkan tubuh yang proporsional, tidak hanya lemak pada area betis saja yang harus dipangkas. Lakukan program penurunan berat badan secara menyeluruh untuk untuk mendapatkan tubuh langsing ideal.